Profil STFI Sadra

launchingLaunching STFI Sadra 12Juli 2012

Sekolah Tinggi Filsafat Islam (STFI) Sadra

Satu-satunya sekolah tinggi Filsafat Islam di Indonesia yang focus pada pengkajian Filsafat Islam dan Alqur’an – Tafsir. Sistim pembelajaran di dasarkan pada  perpaduan antara nilai-nilai tekstual (Alqur’an dan Assunah) dengan pendekatan rasional yang bersumber dari khazanah ilmiah Islam klasik dan kontemporer.

STFI Sadra dipersembahkan untuk merajut peradaban Islam di Asia Tenggara.

 

Visi STFI Sadra

Menjadikan  STFI Sadra sebagai pusat pendidikan dan kajian ilmu-ilmu keislaman, dalam upaya membangun kembali pemikiran Islam yang logis dan rasional –dengan mengintegrasikan pesan-pesan dan nilai-nilai dari teks-teks suci Quran dan Sunah Nabi dengan memaksimalkan peran akal dan hati– dalam pemahaman dan pengamalan agama yang dapat berkontribusi pada kemajuan masyarakat, dan membangun paradigma peradaban islami, di tingkat nasional dan internasional.

Misi STFI Sadra

  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman secara komprehensif, rasional, analitis dan metodologis dengan visi global, dalam suasana keilmuan yang penuh kebebasan berpikir dan moral islami.
  2. Mengembangkan kajian ke-Islaman yang tetap setia kepada teks-teks suci agama secara komprehensif, dan merujuk kepada khazanah peradaban Islam yang berkomitmen kepada rasionalitas, moralitas, integritas dan kemanusiaan universal.
  3. Melakukan berbagai upaya pencerahan pemikiran Islam, aktifitas kajian penelitian dan kepustakaan, penerbitan, seminar dan konferensi, dalam mengembangkan tradisi ilmiah Islam yang terbuka dan kritis, serta dapat memahami semangat zamannya dalam upaya mewujudkan Islam sebagai rahmatan lil-’alamin.

Tujuan STFI Sadra

Menghasilkan lulusan yang mampu memahami ilmu-ilmu keislaman secara komprehensif, holistik dan integratif serta memiliki kepekaan terhadap persoalan keilmuan dan kemasyarakatan, problem nilai-nilai dan etika kontemporer, dan mampu berperan dalam memajukan kemanusiaan dan pencerahan pemikiran berdasarkan Islam, baik di tingkat nasional dan internasional.

launching 2Launching STFI Sadra 12 Juli 2013

rapat dosenRapat Dosen

suasana perkuliahanSuasana Kelas

FASILITAS

  1. Gedung  dan ruang kuliah ber-AC
  2. Auditorium sebagai pusat kegiatan
  3. Perpustakaan berisi koleksi buku yang lengkap dalam 4 bahasa berjumlah 17.301 judul dan perpustakaan digital dengna jumlah koleksi 90.000 judul
  4. Laboratorium bahasa Arab dan English
  5. Akses internet dengan hotspot area
  6. Kantin dan Musholah yang bersih
  7. Pusdiklat
  8. Asrama Putra & Putri
  9. Penggunaan infocus pada setiap kelas
  10. Fasilitas pendukung seperti pusat kajian tafsir dan filsafat; bahasa serta jurnalistik

perpus

Ruang Perpustakaan

kitab kuning

Kajian Kitab Kuning

kegiatan perkuliahan di kelas

Kegiatan Perkuliahan di Kelas

kegiatan kebahasaan

Kegiatan Kebahasaan (Arabic)

kegiatan kebahasaan english

Kegiatan kebahasaan (English)

asrama

Kegiatan Keasramaan

kegiatan ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler (Pencak Silat)

futsalEkstrakurikuler (Footsal)

Leave a comment